Minggu, 31 Juli 2011

Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learnig (CTL)

Ada kecendrungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan memgetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi menggingat jangka pendek tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang
Guru seharusnya berusaha untuk menyesuaikan pengajarannya dengan situasi yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran yang digunakan haruslah bervariasi untuk menghindari kejenuhan pada siswa. Pembelajaran dianggap efektif apabila sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, kesesuaian dengan bahan, kemampuan guru untuk menggunakan, keadaan peserta didik dan situasi yang melingkupinya.
Selama ini pembelajaran lebih bersifat ceramah artinya guru berfungsi sebagai sumber informasi, sementara siswa hanya ditempatkan sebagai objek pasif yang menerima informasi searah dari guru sehingga potensi dan kemampuan siswa belum sepenuhnya tergali. Metode ceramah adalah cara penyampaian materi pelajaran (informasi) dengan lisan dari seorang guru kepada siswa di dalam kelas (Suyitno, 2004:2)selengkapnya dapat download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar