Minggu, 31 Juli 2011

Model Pembelajaran Berbasis Psikologi

Pada dasarnya manusia adalah animal educandum atau binatang yang bisa dididik, seperti dikatakan Jalaluddin Rumi, bahwa manusia disebut sebagai “hewan yang berakal”. Maka ketika manusia mempunyai pengetahuan membutuhkan proses belajar yang berkelanjutan, dari mulai dalam kandungan hingga akhir hayatnya.
Belajar adalah suatu proses mental yang mengarah pada penguasaan pengetahuan, kecakapan, kebiasaan atau sikap yang diperoleh, disimpan dan dilaksanakan sehingga menimbulkan tingkah laku. Dengan kata lain belajar adalah proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. (Winkel,1984:151) dalam Aryawan Bambang, http://www.riyadi.purworejo.asia /2009/07/pembelajaran-kooperatif-cooperative.html
Berdasarkan kerangka konseptual tersebut ada kecendrungan bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Pembelajaran dengan orientasi penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi mengingat jangka pendek tetapi gagal membekali anak memecahkan masalah dalam kehidupan jangka panjang selengkapnya dapat didownload disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar